Ads

Wednesday, March 4, 2015

Kumpulan Materi Algoritma dan Pemrograman Mengenal C/C++ Mengenal borland C++ Memahami struktur dasar program C/C++

1.Mengenal C/C++ Mengenal borland C++ Memahami struktur dasar program C/C++ 

Mengenal C/C++ Bahasa C merupakan hasil pengembangan dari bahasa B yang di tulis oleh Ken Thompson pada tahun 1970. Bahasa C untuk pertama kali di tulis oleh Brian W.Kernighan dan Denies M.Ricthie pada tahun 1972. Bahasa C mempunyai banyak kemampuan membuat perangkat lunak, misalnya dBASE, Word Star, dan lain-lain. Pada tahun 1980 seorang ahli yang bernama Bjarne Stroustrup mengembangkan beberapa hal dari bahasa C yang kemudian dinamakan C with
Classes, yang pada tahun 1983 berganti nama menjadi C++. Pada C++ ini terdapat tambahan Object Oriented Programming (OOP), yang tujuan utamanya adalah membantu dalam membuat dan mengelola program yang besar dan kompleks. Untuk dapat membuat program dengan bahasa C hanya butuh text editor seperti Notepad untuk menulis kode dan sebuah compiler bahasa C seperti
GCC untuk mengubah kode tersebut menjadi program dalam bahasa mesin yang siap untuk dijalankan. Selain itu juga dapat menggunakan Integrated Development Environment (IDE) yang didalamnya sudah terdapat text editor, compiler, dan fasilitas lain secara terintegrasi sehingga pembuatan program jauh lebih mudah. Beberapa IDE yang terkenal antara lain Microsoft Visual Studio dan Borland C++. GCC (GNU C Compiler / GNU Compiler Collections) adalah compiler yang terdapat di hampir semua sistem operasi. Dalam sistem berbasis *NIX (Unix, Linux, Mac OS, BSD, Solaris) GCC sudah menjadi compiler bawaan. Sedangkan di sistem Windows GCC harus diinstall sendiri. GCC di sistem Windows tersedia dalam paket MinGW (Minimalist GNU for Windows). Paket MinGW dapat diunduh pada alamat http://www.mingw.org atau di http://sourceforge.net/mingw. Sedangkan untuk text editor menggunakan Notepad++ yang dapat diunduh di http://notepad-plus-plus.org. ALGORITMA & PEMROGRAMANAlgoritma & Pemrograman – Strata 1 Teknik Informatika 2 Kelebihan Bahasa C adalah sebagai berikut :
 Bahasa C tersedia hampir di semua jenis computer.
 Kode bahasa C sifatnya adalah portable dan fleksibel untuk semua jenis computer.
 Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci, hanya terdapat 32 kata kunci.
 Proses executable program bahasa C lebih cepat.  Dukungan pustaka yang banyak.
 C adalah bahasa yang terstruktur dan bahasa tingkat menengah. Kekurangan Bahasa C adalah sebagai berikut :
 Banyaknya Operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai.
 Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer.

2.Pokok Bahasan :PreprocessorVariabel, Tipe Data, KonstantaOperator C/C++

          Preprocessor - #include digunakan untuk memanggil atau menambahkan file header (file unit) yang telah dibuat sebelumnya. File header berisikan perintah-perintah atau fungsifungsi yang telah didefinisikan. Berikut contoh penulisannya : #include “stdio.h” atau #include Preprocessor - #define digunakan untuk mendefinisikan sebuah identifier (pengenal) untuk menggantikan beberapa pernyataan (statement) yang ada di header file. Berikut contoh penulisannya : #define pi 3.14 #define g 10 Artinya, pi bernilai konstan 3.14 dan g bernilai konstan 10. 
          Variabel Pengenal (identifier) merupakan nama yang biasa digunakan untuk suatu perubah (variabel), konstanta, fungsi, atau obyek lain yang di definisikan oleh pemrogram. Berbeda dengan konstanta yang nilainya selalu tetap, nilai dari suatu variabel bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan. Aturan yang berlaku bagi suatu variabel adalah : 
 Pengenal harus diawali dengan huruf (A .. Z, a .. z) atau karakter garis bawah ( _ ). 
 Selanjutnya dapat berupa huruf, angka (0 .. 9), karakter garis bawah, atau tanda dolar ($). 
 Panjang variabel boleh lebih dari 32 karakter (tetapi hanya 32 karakter pertama yang dianggap).
 Tidak boleh mengandung symbol-simbol khusus, kecuali garis bawah (underscore). Yang termasuk symbol khusus yang tidak diperbolehkan antara lain : ?, %, #, !, &, *, (, ), -, +, = dsb.
 Tidak ada spasi.
 Case sensitive, huruf besar dan kecil dibedakan.
 Variabel tidak boleh menggunakan nama yang tergolong sebagai kata kunci (key word) yang sudah ada di C

3.Pokok Bahasan :Operasi Input dan Output C/C++ 

4.Pokok Bahasan :Struktur Kontrol Selection / Percabangan C/C++

          Struktur selection adalah struktur program yang dihadapkan pada proses pemilihan untuk menentukan intruksi berdasarkan syarat atau kondisi tertentu. Pengujian kondisi ini dilakukan untuk memilih salah satu dari beberapa alternatif yang tersedia. Syarat dalam dunia pemrograman adalah sebuah pernyataan Boolean, yang dapat bernilai benar (true) atau salah (false). Biasanya sebuah syarat terdiri dari operand-operand yang dihubungkan dengan operator relasi dan logika. Ada empat perintah percabangan diantaranya, yaitu : if, if...else, if .. elseif, dan switch.

5.Pokok Bahasan :Struktur Kontrol Perulangan  C/C++ 

             Struktur Perulangan Salah satu kelebihan komputer dibandingkan dengan manusia adalah kemampuannya untuk melaksanakan suatu intruksi berulang kali tanpa mengenal lelah dan bosan. Struktur pengulangan digunakan untuk mengulang suatu perintah sebanyak yang diinginkan. Contohnya : menampilkan nomor bilangan 1 s/d 10. Kalau kita menuliskan secara manual, maka sangat tidak efesien apalagi jika kita ingin menampilkan bilangan 1 s/d 1000. Ada beberapa perintah pengulangan yang dapat digunakan, diantaranya : For, While, Do ... While.

6.Soal latihan C/C++ 

7.Pokok Bahasan :Fungsi Operasi StringFungsi Operasi Matematik C/C++

8.Pokok Bahasan :Larik (Array) C/C++

            Pengertian Larik (Array) Larik (array) merupakan kumpulan dari nilai-nilai data yang bertipe sama dalam urutan tertentu yang menggunakan nama yang sama. Letak atau posisi dari elemen array ditunjukkan oleh suatu index. Dilihat dari dimensinya array dapat dibagi menjadi array dimensi satu, array dimensi dua dan array multi-dimensi.

9.Pokok Bahasan :Pointer (Variabel Penunjuk) C/C++

             Pointer (variabel penunjuk) adalah suatu variabel yang berisi alamat memori dari suatu variabel lain. Alamat ini merupakan lokasi dari obyek lain (biasanya variabel lain) di dalam memori. Sebagai contoh, jika px adalah pointer dan x adalah variabel yang ditunjuk oleh px, maka jika px berada pada alamat memori awal 1000, maka px akan berisi 1000, sedangkan datanya sendiri berupa nilai yang ada pada lokasi memori 1000.

10.Pokok Bahasan :Fungsi C/C++ 

             Fungsi (Function) merupakan blok dari kode yang dirancang untuk melaksanakan tugas khusus. Kegunaan dari fungsi ini adalah untuk:
 Mengurangi pengulangan penulisan program yang berulangan atau sama.
 Program menjadi lebih terstruktur, sehingga mudah dipahami dan dapat lebih dikembangkan. Fungsi-fungsi yang sudah kita kenal sebelumnya adalah fungsi main(), yang bersifat mutlak, karena fungsi ini program akan dimulai, sebagai contoh yang lainnya fungsi printf(), cout() yang mempunyai tugas untuk menampilkan informasi atau data kelayar dan masih banyak lainnya.

11.Pokok Bahasan :Rekursif C/C++
Rekursif adalah suatu proes dari fungsi yang memanggil dirinya secara berulangulang. Karena proses dilakukan berulang-ulang maka harus ada kondisi yang mengakhiri prosesnya. Jika tidak maka proses tidak akan pernah berhenti sampai memori yang digunakan tidak dapat menampung lagi. Rekursif sebenarnya merupakan teknik perulangan juga, namun dalam konteks yang berbeda. Fungsi rekursif adalah fungsi yang dapat memanggil dirinya sendiri. Maksudnya fungsi tersebut menggunakan dirinya sendiri untuk proses perulangan. Iterasi merupakan suatu teknik perulangan yang digunakan pada penulisan program. Perulangan yang dimaksud adalah seperti perintah-perintah for,while, dan do while. Perulangan akan terus terjadi selama kondisinya terpenuhi. Mengapa ada fungsi rekursif jika sudah ada teknik perulangan itu sendiri? Memang antara iterasi dan rekrusif itu sama-sama digunakan untuk proses perulangan. Namun ada beberapa masalah yang akan lebih mudah jika dipecahkan menggunakan fungsi rekursif. Disamping itu kode program yang menggunakan fungsi rekursif akan lebih mudah dipahami dari pada versi iterasinya.

source:materi perkuliahan STMIK AMIKOM Yogyakarta

No comments:

Post a Comment