Ads

Thursday, March 5, 2015

KARYA ILMIAH BISNIS ONLINE MULAI DARI BLOG

KARYA ILMIAH
BISNIS ONLINE MULAI DARI BLOG









Disusun oleh:

Nama        : SAHABUDIN
Nim           : 14.11.7794
Kelas         : 14-S1TI-03




                                                                                                         





Jl. Ring Road utara, Sleman, Yogyakarta Telp. (0274)884201




KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
              Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul ”BISNIS ONLINE MULAI DARI BLOG”.
Dalam penyusunannya, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: Kedua orang tua dan segenap keluarga besar penulis yang telah memberikan dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.
Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar makalah ini dapat lebih baik lagi.
Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Yogyakarta, 05 maret 2015
Penyusun


SAHABUDIN









ABSTRAK

Banyak pengguna internet sebagian belum mengetahui bahwa mesin pencari Google yang selama ini sering dipakai untuk mencari informasi ternyata bisa memberikan peluang bisnis yang berpotensi memberikan pemasukan uang tidak terbatas. Karena google mempunyai program memberikan peluang bagi pemilik situs/web/blog untuk memajang iklan dari google atau populernya disebut Googel Adsense. Intinya Google dapat memberikan kesempatan untuk memperoleh pendapatan duit dari internet.
Google Adsense merupakan program layanan iklan yang disediakan oleh Google. Iklan dari google adsense ini ditampilkan berdasarkan seleksi sesuai dengan halaman situs atau blog yang mempunyai relevansi. Dalam program iklan ini, Ada tiga kategori program google adsense yang ditawarkan yaitu AdSense for Content, AdSense for Search dan Referrals.
Di dalam pembahasan ini sudah dijelaskan cara mendaftar google adsense dengan lengkap. Mulai dari cara membuat blog dan perlu diketahui juga dalam berbisni dengan google adsense terdapat syarat dan ketentuan.














PENDAHULUAN
Di dunia internet mungking anda hanya mengenalnya sebagai media informasi dan sebenarnya banyak yang tidak sadar bahwa setiap anda mengunjungi atau meng-klik sebuah iklan itu sudah memberikan keuntungan bagi si pemberi informasi atau lebih tepatnya pemilik informasi yang blog atau webnya anda kunjungi.
            Dalam hal ini google sebagai perusahaan raksasa di dunia internet memberikan kesempatan kepada para blogger untuk mendapatkan penghasilan dengan mendaftarkan blog mereka ke google adsense. Iklan dari google adsense ini ditampilkan berdasarkan seleksi sesuai dengan halaman situs atau blog yang mempunyai relevansi. Misalnya blog tentang laptop, maka iklan yang ditampilkan adalah yang ada relevansinya dengan laptop

A.   Latar Belakang Masalah
Pada awalnya saya juga tidak mengerti Apa Itu Google Adsense (GA) Dan Apa Fungsinya untuk para Netter dan Khususnya untuk para Blogger Mania. Tapi setelah saya mencari di Internet barulah saya sedikit memahami tentang Apa Itu GA atau Google Adsense. Dari situ saya mulai tertarik untuk memulai bisnis online dengan membuat blog di blogger.com, karena membuat blog dan mendaftar Google Adsense bisa dilakukan secara gratis maka saya memutuskan untuk mulai bergelut dalam bisnis online dengan membuat blog, itulah sebabnya saya memilih judul “BISNIS ONLINE MULAI DARI BLOG”.

B.   Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat disimpulkan bahwa rumusan masalah adalah sebagai berikut:
1.      Apa yang dimaksud dengan blog
2.      Apa yang dimaksud dengan Google Adsense
3.      Bagai mana memulai bisnis online dari blog
C.   Tujuan Dan Manfaat
1.      Tujuan penulisan : Untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai bagai mana memulai bisnis online bagi pemula.
2.      Manfaat penulisan : Dapat ikut berkontribusi dalam pemanfaatan fasilitas internet agar dapat memberi penghasilan.
PEMBAHASAN
1.      Pengertian blog
Blog adalah bentuk Aplikasi Web. Pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar (dimuat dalam posting) pada setiap halaman web. Blog biasanya dikelola oleh pengguna tunggal (sebagian lainnya oleh beberapa penulis) dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
> Fungsi Blog
Fungsi blog pada dasarnya adalah sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatan harian melalui tulisan-tulisan yang di muat dalam posting. Dalam perkembangan sekarang, blog bisa digunakan untuk menghasilkan uang melalui iklan yang terpasang di blog. Untuk dapat menghasilkan uang, tentu blog harus mempunyai pengunjung/visitor.
> Sejarah Blog
Media Blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, dimiliki oleh perusahaan Pyra Labs yang disebarluaskan pada Agustus 1999. Karena kepopuleran tersebut, Pyra Labs akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat Open Source yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

2.      Pengertian Google Adsense
Google Adsense adalah program kerjasama periklanan internet yang disediakan oleh Google untuk memfasilitasi para publisher untuk memasang atau mempromosikan iklan para advertiser yang sudah terdaftar di Google pada blog atau situs yang mereka miliki, lantas darimana iklan Adsense tersebut berasal? Dalam persaingan dunia bisnis banyak cara agar bisnis bisa populer atau produk bisnis yang dimiliki oleh para pengusaha cepat populer dan diketahui oleh umum, salah satunya adalah melalui media iklan, google sebagai perusahaan raksasa internet dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia menyediakan layanan khusus untuk memfasilitasi para pengiklan atau advertiser untuk mempromosikan produk atau perusahaan yang mereka miliki, google dengan berbagai cara, dengan memanfaatkan teknologi internet akan berusaha untuk menyampaikan dam mempromosikan iklan para pengiklan kepada konsumen yang tepat dengan kriteria dan kategori iklan yang dipilih.

A.    Metode Pengiklanan Google Adsense

       Iklan dari Google Adsense akan berbeda pada setiap blog/site pemasang iklan, iklan yang tampil pada blog pemasang iklan Google Adsense akan otomatis menyesuaikan dengan kategori ataupun tema dari blog tersebut, jadi boleh dikatakan bahwa iklan yang akan anda tampilakan tidak bisa anda pilih topik ataupun kategorinya.

B.     Manfaat atau Fungsi Google Adsene

   Kalau ditanya manfaat tentu sobat semua sudah paham dong kalau sudah baca pengertian di atas. Yang Pasti anda/pemasang iklan akan mendapatkan pembayaran/penghasilan dari Google Adsenseberdasarkan jumlah klik yang didapat, nah untuk jumlah uang/dollar yang didapat /clicknya sepertinya berbeda. Untuk hal ini hanya google yang tau apa rahasianya.

C.    Kategori Program Google Adsene

Untuk Versi lama Google Adsense (GA) ada beberapa kategori program yang diberikan, diantaranya :
1.           AdSense for Content 
Akan memberikan ruang untuk iklan-iklan Advertiser yang akan ditampilakan pada blog/situs. Apabila anda mengizinkan GA tampil pada sidebar Blog, maka akan ada Widget baru yang akan tersimpan pada blog anda yaitu pada area Sidebar.
2.           AdSense for Search
Fitur ini akan melibatkan Search Engine Google untuk menampilakan Adword yang muncul. Jadi singaktnya kita akan menempatkan Search Engine pada blog anda yang akan memudahkan pengunjung mencari sesuatu kotak pencarian GA tersebut.
3.           AdSense for Feeds
"Place relevant ads in feeds Google manages for you" (Info From Google Adsense)
4.           AdSense for Domains
AdSense for domains allows publishers with unused domains to help users reach relevant information by presenting content on the domains.

3.      Cara Memulai Bisnis Online
Untuk memulai bisnis online dengan blog tentunya terlebih dahulu kita harus memiliki blog dan disini saya akan mengupas bagaimana cara membuat blog di blogger.com
a.      Cara membuat blog
Untuk dapat membuat blog di blogger.com pertama anda harus memiliki akun google
1.  Buka halaman http://www.blogger.com
2. Login dengan akun gmail anda


3. Perhatikan ! sebelum menambah blog baru, pastikan bahasa yang anda gunakan      adalah bahasa inggris, tujuanya adalah untuk mengsetup adsense kedepan. Tapi jika sudah terlajur jugak tidak menjadi masalah karena bahasanya bisa diatur kapan saja dipengaturan blog dan kemudian merubahnya dengan bahasa inggris. 

           4. Klik New Blog


5.isi tittle  dengan judul blognya dan address dengan alamat blognya, jika seandainya keluar tanda seru berwarna kuning, maka alamat blog tersebut sudah ada yang menggunakan, kemudian coba lagi yang lain sampai berubah menjadi warna biru. dan pilih template yang anda suka.
6. Sampai saat ini, pembuatan blog sudah selesai

b.      Cara mendaftar di Google Adsense
Sebelum mendaftar, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting berikut ini agar peluang diterima lebih besar:

1. Membuat Konten Yang Unik di Situs Anda

     Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, originalitas sebuah ide atau konten di dalam website Anda adalah nilai penting bagi Google Adsense. Mereka memperhatikan apakah konten di dalam sebuah website bermanfaat bagi orang lain atau tidak.
Sebenarnya konten-konten di internet itu banyak yang membahas topik yang sama. Namun, cara penyajiannya atau cara penulisannya yang berbeda. Misalnya, Anda menulis tentang “cara menanam bunga Mawar”, tentunya ada banyak konten di situs lain yang membahas tentang ini. Namun, cara menuliskan konten dan cara menyajikannya di blog Anda pasti berbeda dengan konten di blog orang lain. Nah, kalau konten Anda adalah hasil copy paste dari sumber lain, kemungkinan besar situs Anda tidak akan disetujui untuk ikut program PPC Google Adsense.

2. Perhatikan Umur Situs Yang Didaftarkan

Sebaiknya jangan terlalu terburu-buru untuk mendaftarkan blog Anda untuk Google Adsense karena mereka memperhatikan umur website, jumlah konten, jumlah pengunjung, page view, dan lain-lain. Bila Anda saat ini memiliki blog yang sudah berumur 6 bulan, sudah diisi banyak konten, dan memiliki unique visitor yang stabil, ini bisa meyakinkan pihak Google Adsense bahwa blog Anda adalah tempat yang baik untuk memasang iklan.

3. Perhatikan Jumlah Konten Di Website/ Blog Anda

Jumlah konten adalah salah satu faktor penting agar diterima di Google Adsense. Saya kurang yakin berapa jumlah konten minimun di dalam sebuah website agar bisa diterima, tapi menurut saya pribadi akan lebih mudah diterima bila website kita memiliki banyak konten. Saya pribadi menyarankan untuk membuat minimal 60 konten artikel sebelum mendaftar di Google Adsense.
Untuk situs berbentuk blog, sebaiknya Anda rajin meng-update konten di dalam blog Anda karena ini bisa mempengaruhi penilaian dari pihak Google. Blog yang sering di-update oleh pemiliknya tentunya akan memiliki peluang lebih baik diterima oleh Google Adsense dibandingkan dengan blog yang jarang sekali di-update.
            Baru kemudian anda daftarkan blog anda ke google adsense, berikut adalah langkah langkah untuk mendaftar blog anda ke google adsense:

1.      Pastikan Anda sudah memiliki akun Gmail, jika belum silahkan buat dulu di www.gmail.com
2.      Buka situs Google Adsense di www.google.com/adsense dan klik “Sign up   now”,
Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:
Pilih “Use email_anda@gmail.com”.

Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini:

Lalu isi dengan alamat website atau blog Anda. Kemudian untuk bahasa pilihlah sesuai dengan bahasa konten situs Anda, jika konten Anda ditulis dalam bahasa Indonesia maka pilih Indonesian, jika bahasa inggris maka pilihlah english.
Kemudian checklist dan klik "Continue".

3.      Setelah klik contonue, maka Anda akan melihat kolom isian yang harus Anda isi. Isilah kolom registrasi yang ada sesuai dengan data diri Anda yang sebenarnya seperti nama lengkap Anda, negara, alamat rumah, nomer telepon, dll. Informasi tersebut akan digunakan Google untuk pembayaran komisi Adsense nantinya, jadi jangan sampe salah tulis.

Jika sudah selesai kemudian klik "Submit".

Pada tahap ini Anda sudah selesai mendaftar Adsense, namun belum diterima karena aplikasi Anda akan di review oleh pihak Google terlebih dahulu dan harus menunggu hingga beberapa jam atau beberapa hari. Nantinya Anda akan mendapatkan email dari Google jika aplikasi pendaftaran Anda diterima atau ditolak.


 PENUTUP
o   Kesimpulan
Dengan mempelajari pengertian dan bagaimana cara bisnis online melalui google adsense, maka dapat di simpulkan :
ü  Dengan hadirnya Google AdSense dapat  menguntungkan banyak pihak
ü  Menambah pengetahuan kita bisnis online dengan Google AdSense
ü  Mengetahui lebih dalam bagaimana progam bisnis dari Google AdSense

o   Saran
Demi perkembangan kedepannya agar lebih baik penulis menyarankan :
ü  Berikan penjelaskan yang lebih detail syarat dan ketentuan mendaftar google adsense
ü  Memberi informasi lebih lengkap lagi tentang bagaimana menekuni bisni online.


Refrensi:

http://www.putrakomputer.com/2011/04/pengertian-dan-manfaat-google-adsesnse.html#.VPp0MHyUfHY
http://cara-buat-blog-di.blogspot.com/2011/01/pengertian-blog.html

No comments:

Post a Comment